Robot ROV Seharga Rp2 Miliar Digunakan #Basarnas Cari #KMSinarBangun yang Tenggelam di #DanauToba #SumutBerduka #PrayforDanauToba

SIMANGUMBAN ONLINE -- Basarnas menerjunkan robot penyelam Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) untuk mencari korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, baru-baru ini.

Dilaporkan Okezone pada tahun 2014, Engineering ROV Basarnas Sundoro mengatakan, kemampuan robot pencari yang dibanderol Rp2 miliar itu berjenis Sea-Sar, JW Fishers MFG INC 1953 County ST E Taunton MA 02718 USA, dan memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan.

Robot ini sudah berpengelaman di beberapa titik peristiwa, dan membuahkan hasil yang memuaskan, seperti saat ada peristiwa kecelakaan di perairan Bali, Jawa, dan beberapa tempat lainnya.

"Robot ini bisa digunakan siang dan malam hari (tergantung cuaca). Panjang sekira 50 centimeter dan berat 50 kg, dilengkapi empat kamera depan, belakang, samping kanan-kiri, serta bagian atas bawah memiliki sensor scan," ujarnya, kepada wartawan, Rabu (3/12/2014).

Baca selanjutnya

Tidak ada komentar